update cd instalasi windows xp

Posted on August 31, 2009

1



Sebenarnya ini ga bisa dibilang baru, tapi lumayanlah buat nambah-nambah ilmu pengetahuan tentang Instalasi Windows XP, membuat ISO, dan mengintegrasikan update dari Windows.

Misalkan kita punya live cd windows xp sp2, untuk update kita harus melakukan secara manual dengan cara menginstal updatean tersebut setelah proses install selesai.

Dalam kesempatan kali ini, farin akan menjelaskan bagaimana cara mengintegrasikan XP Service Pack SP3 ke dalam cd instalasi Windows XP SP2.

Yang dibutuhkan disini adalah :
1. CD Instalasi XP orisinil (bajakan juga boleh *khusus mahasiswa*)
2. XP Service Pack 3 RC (bias didownload di sini )
3. Sebuah aplikasi pembuat file ISO (dalam hal ini penulis menggunakan Magic ISO)
4. Tambahan, apabila menggunakan aplikasi Nero, untuk mengekstrak file ISO dibutuhkan BBIE(Bart’s Boot Image Extractor) yang bisa didownload di sini *gratis*

Keuntungan dari XP service pack ini adalah (kata Mikrosop si..) :
1. Lebih cepat sampai 10 persen
2. Lebih Aman
3. Network Access Protection
4. Integrasi windows update (BITS 2,5)
5. Integrasi Microsoft Management Console (MMC 3,0)
6. WLAN Encryption WPA3

Langkah kerja :
1.Siapkan folder khusus untuk mengkopi cd asli dan mengekstrak XP Service Pack3. Di sini Farin membuat folder dengan direktori treenya ” C:\sp3” dan “C:\ext_sp3”.

Untitled2

2.Copy seluruh isi dari cd instalasi windows xp sp2 ke dalam “C:\ sp3”. (jangan lupa untuk mengatur agar seluruh file yang di hidden menjadi terlihat).

Untitled

3.Cut/copy file XP Service Pack 3 ke dalam folder “C:\ext_sp3” melalui Run (Start | Run) lalu ketikan C:\ext_sp3\WindowsXP-KB936929-SP3-x86-ENU.exe –x

Untitled3

maka akan keluar tampilan seperti berikut,

Untitled4

4.Setelah file diextract maka sekarang waktunya mengintegrasikan dengan cd instalasi orisinil yang sudah dicopy ke dalam folder “C:\sp3”. Caranya dengan mengetikan perintah berikut di Run C:\ext_sp3\i386\update\update.exe /integrate:C:\sp3

Untitled-4

5.Sekarang proses hamper selesai, download file BBIE (Bart’s Boot Image Extractor) untuk mengekstrak file .bin dari cd instalasi xp. Caranya, copy/cut file bbie.exe yang sudah didownload ke drive C:, lalu extract dengan mengetikan di run c:\bbie.exe x: x adalah drive dari cd instalasi windows sp2. Apabila proses berhasil maka akan terbentuk file image1.bin, yang akan digunakan untuk boot sector pada cd instalasi nanti, sehingga bias diboot langsung dari cd.

6.Buka file pembuat iso(dalam hal ini farin menggunakan magiciso). Klik pilihan tools>load boot image, dan cari file image1.bin tadi. Dan kemudian copy semua file yang berada dalam folder c:\sp3.

7.Pilih save, dan Anda mendapatkan file image xp sp3(.iso) yang siap diburn menggunakan MagicISO cd & dvd burner.

Posted in: Umum