membuat cd instalasi windows xp dari cd linux

Posted on September 2, 2009

10



Setelah berkutat sekitar tiga hari untuk membuat cd/dvd multiboot untuk instalasi windowsXP dan Linux(Ubuntu 8.04.1) akhirnya farin bisa juga nemuin caranya…

Bisa farin pastiin tulisan ini bukan copy-paste dari blog orang, tapi bedasarkan percobaan berulang-ulang dengan tuntunan dari beberapa forum-forum(msfn, syslinux) yang dibaca oleh farin(thanks to Mr.Jetman, atas howto-not-tutorial—nya, n Tian.. fotonya bikin semangat :)) tapi dalam forum tersebut kebanyakan hanya membahas multiboot untuk linux saja, dan sedikit membahas tentang bagaimana menemukan bootsector windows untuk isolinux.conf yang akan digunakan nantinya untuk memanggil boot live cd windows. Jadi kalo ada kesamaan diblog lain, itu Cuma kebetulan, dan mungkin farinnya aja yang telat tahu.. *hohoho..

Awalnya farin berfikir, mungkin dengan menggunakan fasilitas Make Multi Boot Image(kapan2 farin bahas) yang ada didalam aplikasi MagicISO, hal itu mudah saja dilakukan. Untuk Windows, fasilitas ini tidak mengalami masalah dan berjalan dengan lancar. Tapi tidak dengan linux, linux tidak dapat memanggil kernel yang akan digunakan, karena ternyata fasilitas ini bekerja dengan cara membuat sebuah file image boot(mboot.bin) baru yang digunakan untuk booting file iso atau cd tersebut dan menyimpan variable image boot(isolinux.bin untuk linux dan boot.ini untuk windows, *untuk cara mengekstrak image boot windows xp, bisa baca disini) dalam sebuah folder dengan nama mboot. Sehingga menghasilkan error checksum pada linux.

Kemudian farin pun berfikir, bagaimana kalo yang diubah adalah file isolinux.binnya? ternyata cara tersebut hampir mustahil, karena file itu setelah dibuka dengan notepad++ berupa file hexa. Farin kemudian membuka file isolinux.conf yang berada dalam satu folder dengan isolinux.bin, dan ternyata disinilah konfigurasi kernel yang digunakan nantinya untuk booting. Dan percobaan pun dimulai….

Yang dibutuhkan :

  1. Cd ubuntu(atau cd linux apapun yang masih menggunakan isolinux)
  2. Cd windows xp
  3. Notepad/notepad++ ataupun aplikasi pengolah teks lainnya(namun farin menyarankan menggunakan notepad++, karena keseluruhan isi file bisa dilihat dengan jelas, bisa didonlod disini)
  4. pebuilder untuk mengekstrak file bootsect.bin yang digunakan untuk booting (bisa didonlod disini)

Kopi seluruh isi cd ubuntu ke dalam satu folder tertentu (dalam hal ni, farin kopi ke  dalam folder dengan nama  ubuntu), lakukan hal yang sama dengan cd windows(farin kopi ke dalam folder dengan nama windows).

Copy seluruh isi dari folder windows ke dalam folder ubuntu(tidak semua file perlu dikopi, file yang “wajib” di kopi adalah folder I386, folder SUPPORT, folder VALUEADD, folde CMPNENTS, apabila cd windows yang anda miliki sp2 maka kopikan juga file win51ip.sp2, win51ip, dan win51, namun apabila telah diintegrasikan dengan update pack sp3 seperti yang diulas disini, maka kopikan juga file win51ip.sp3)

Setelah dikopi semua maka install pebuilder (aplikasi ini berada pada direktori C:\pebuilder3110a dan bukan pada program file) klik2x pebuilder.exe lalu konfigurasi sesuai dengan gambar dibawah(posisi direktori d:\windows)

Untitled-1

Buka folder output(c:\BartPE) dan kopikan file bootsect.bin. sebenarnya, bartpe ini adalah aplikasi yang membuat sebuah windows yang berjalan seperti live cd linux, bisa dipergunakan untuk windows xp ataupun windows server, dan biasa digunakan untuk perawatan system. Sisa didalam file bartpe bisa Anda hapus, ataupun dijadikan sebagai cd boot sendiri(farin akan membahas kapan² tentang bartpe ini.. *hoho..)

Pastekan file bootsector.bin ke dalam folder ubuntu.

Apabila telah di urutkan, maka susunan dalam folder ubuntu akan menjadi seperti ini,

untitled

Buka file isoconfig.cfg dengan notepad++/notepad.exe bawaan dari windows, dan tambahkan baris berikut

LABEL xp

menu label ^Install Windows XP press 2X

boot /bootsect.bin

sehingga isi dari file isoconfig.cfg menjadi seperti ini,

untitled1

Farin tidak mengubah keseluruhan dari file isoconfig.cfg, karena tulisan ini hanya bersifat tuntunan saja, sebenarnya bisa dibuatkan file isoconfig.cfg sendiri dan file isolinux.bin yang bisa didownload disini dan bisa dibuat tampilan  dengan variasi-variasi tertentu, semisal mengubah background (dengan menggunakan perintah MENU BACKGROUND /boot/isolinux/gambar.png), dan banyak lagi seperti yang dijabarkan disini.

Simpan file isoconfig yang sudah diedit tadi.

Langkah selanjutnya adalah membuat file iso, dalam hal ini, farin menggunakan aplikasi MagicISO.

Untitled-2

Untitled-3

Setelah selesai, pilih save dan beri nama xp_buntu.iso (terserah si mo dikasi nama apa.. *hohohoho…)

File xp_buntu.iso siap diburning, ataupun dijalankan dengan virtualbox(bisa didownload di*sini*). Setelah cd xp_buntu jadi saatnya mengetes, pertama Anda akan dihadapkan kepada pilihan bahasa yang akan digunakan, apabila dalam 30detik tidak menekan enter, maka pilihan bahasa akan menjadi default(bahasa inggris).

Setelah memilih bahasa, maka Anda akan mendapat tampilan seperti gambar di bawah.

Untitled-4

Disitu tertulis “Install Windows XP press 2X” hal ini dikarenakan agar cd mem-boot langsung dari bootsector.bin, apabila enter hanya ditekan sekali makan akan timbul pesan error pada bagian kiri-atas layar, hal ini dapat Anda atasi dengan menekan tombol enter lagi.

Ingat, ini adalah cd live ubuntu8.04.1 yang “dipaksakan” untuk memboot cd windows xp. Jadi pasti ada kekurangannya, namun selama tahap pengetesan, semua dapat berjalan lancar.

Dan apabila ingin membuat multiboot untuk berbagai distro linux, seharusnya jauh lebih mudah, dan cepat(sekali lagi, akan farin bahas kapan²… *hohohoho…)