script segitiga java

Posted on July 6, 2010

4



Hm, hm..

Kali ini farin mau ngshare tugas java. Sederhana si, tapi lumayan lah buat nambah-nambah ilmu pengetahuan..

Lagian farin juga ga mau ngebahas yang berat-berat..  (emang belum nyampe sana ilmunya.. :p).

Ok, kita mulai aja ya..

Nama aplikasi java yang kita bikin ini farin kasih nama SSS alias aplikasi segitiga siku-siku.. (hihihi..)

Dari yang farin pelajarin dari SD sampe sekarang, segitiga siku2 itu, pasti punya satu sudut 90 derajat, dan dua buah sudut lancip. Benar? Benar… mempelajari segitiga siku-siku (khususnya theorema pitagoras) itu menurut farin sangat berguna, karena dari segitiga siku, kita dapat membuat bermacam bentuk bangun yang juga mempunyai sudut siku. Contoh lihat digambar.

Nah, dari gambar diatas, dapat dilihat kalo gambar persegi panjang itu adalah gabungan dari 2 segitiga siku. Dan 2 buah segitiga siku itu bisa dibagi-bagi menjadi sekian banyak siku-siku (silahkan dihitung, farin ga mahir matematika :p).

Ok, masuk ke programingnya.

Dalam dunia komputer 2 dimensi, maka dikenal X, dan Y. oleh karena itu segitiga yang kita bikin memerlukan skrip untuk X dan skrip untuk Y. betul? Mungkin…

Nah, awalnya farin berfikir untuk membuatnya dari array. Tapi mikir lagi, kalo pake array dijava ribet ya.. ah, pake perulangan aja lebih simple. Jadi kira2 kalo di bikin secara manual, bentuk segitiga itu kira-kira seperti ini,

*
**
***
****

Nah, mending pake perulangan kan?

Ok, kalo gitu perulangan apa yang kita pake? If kah? While kah? Atau for? Semunya bisa… J asal kita nentuin dari awal mau kaya gimana. Tapi farin pake perintah for (dosennya mintannya gitu.. huhuhu…)

Untuk baris segitiga ini, pada java dapat dideklarasikan seperti ini,

for (t=1; t <=tinggi; t++) {

System.out.println(“”);
}

Dimana t adalah variable awal untuk nilai dari tinggi segitiga tersebut. Sementara tinggi adalah tinggi segitiga yang diinginkan oleh user.

Untuk menentukan tinggi, kita perlu satu buah variable tertentu. Nah, variable ini bisa kita tentuin atau pun juga dari masukan user. Um, biar keliatannya hi-tech (macam pak Habibie) maka tinggi ditentukan oleh user. Kita kasih nama variable untuk menentukan tinggi itu dengan nama “cantik” dengan tipe integer. Nah, untuk prompt input user maka diperlukan jendela tertentu. Maka kita perlu mengimport javax.swing.  ya kalo dideklarasikan mungkin bakalan jadi kaya gini,

import javax.swing.*;
public class segitiga {

public static void main(String[] args) {

String prompt=JOptionPane.showInputDialog(“Tentukan T Segitiga : “);

int s,h,i,f,a, cantik=Integer.valueOf(prompt), b,g,t;
}

Um sebenenya penamaan variable bias apa aja si, disitu mah farin ngasi nama variable yang asik aja.😛 dan perlu diketahui, ga semua variable yang dideklarasiin diatas dipake.. :p

Ok, sekarang untuk kolomnya, untuk kolomnya logikanya kalo nilai kolom lebi kecil/sama dengan nilai baris/tingginya berarti bernilai benar (cetak “*”), kalo lebih besar/tidak sama dengan nilai baris/tingginya berarti nilainya salah (hanya mencetak/mengeksekusi baris saja). Jadi kira-kira kaya gini deklarasinya,

for (a=0; a<s; a++){

System.out.print(“*”);
}

“MANA SCRIPT ASLINYA FAR????”

Ok, ok, sabar…

Jadi kira-kira deklarasi dari skrip tersebut seperti berikut (dengan nama file segitiga_siku.java).

/**
*
* @author Farindiya
*/
import javax.swing.*;
public class segitiga_siku{
public static void main(String[] args) {

String prompt=JOptionPane.showInputDialog(“Tentukan T Segitiga : “);

int s,h,i,f,a, cantik=Integer.valueOf(prompt), b,g,t;

for (s=1; s<=cantik; s++) {

for (h=s; h<=s; h++){

System.out.print(“”);

} for (a=0; a<s; a++){

System.out.print(“*”);

}

System.out.println(“”);

}
}
}

Hm, kalo dijalanin hasilnya jadi kaya digambar ni…

Dengan sedikit kreatifitas, skrip diatas bisa dikembangin lagi, jadi segitiga samakaki, prisma, segitiga terbalik, dll..

Untuk bukti skrip itu bisa dikembangin lagi, ni farin kasi buktinya..

Segitiga samakaki


Segitiga samakaki terbalik

Prisma,

Um, mang ga terlalu alus si prismanya, tapi lumayanlah..

Nah, Farin ga ngasi skripnya ya… silakan dikembangin dari skrip yang farin kasih..

Intinya Cuma pengembangan aja si.. Cuma nambah-nambahin fornya sama mainin logikanya aja..😉

Tapi kalo mang ada yang minta skripnya, komen aja atau minta via email.

Sekian dari farin, salam..😉

Posted in: Programming