Main-main Cloud Computing yuk..

Posted on November 6, 2010

4



sebelumnya, Farin udah ngbahas ini di kerjaan-bocah.tk, tapi karena hosting di close (Farin iseng masang proxy di situ :p ) jadi Farin angkat lagi disini..

disaat era jaringan komunikasi yang terus berkembang saat ini, tak mustahil suatu ketika semua kegiatan komputerisasi dilakukan secara internet (internet based computing). dimana user bisa berbagi, menggunakan software, dan mendapatkan informasi secara langsung dari internet dari mana saja, kapan saja dengan media apasaja asal media itu dapat koneksi ke internet. user hanya perlu sebuah browser untuk mengakses file, menjalankan aplikasi, mendengarkan musik, dan lain-lain tanpa perlu memiliki sarana fisik. hal inilah yang biasanya disebut dengan cloud computing.

apa sih cloud computing tuh?

hahahaha..

ga kaya gambar di atas juga kaliii…

beberapa analis dan vendor mendefinisikan cloud computing sebagai versi terbaru dari virtual server yang sudah ada sekarang. sementara ada yang berpendapat bahwa semua yang ada pada internet dan berada dibelakanag firewall merupakan “cloud”. jadi bisa dibilang, cloud computing bukan hal yang baru, tapi masih akan terus berkembang. seperti saat ini user dapat mengedit dan membuat file microsoft office tanpa menginstall office di komputer user. hal ini dapat dilihat disini.

yang membedakan cloud computing adalah user tidak memiliki infrastruktur fisik, melainkan menggunakan/meminjam jasa pihak ke-3. hal ini tentu saja dapat menghemat pengeluaran, user tidak perlu mengeluarkan tambahan biaya untuk maintenance,  mengganti spare-part apabila rusak, dan user mungkin hanya perlu membeli komputer kosong tanpa harddisk, karena segala keperluan komputerisasi telah disediakan oleh pihak ke-3 termasuk security, backup, dan hal umum lainnya.

sama halnya dengan komputer biasa, cloud computing memerlukan OS atau operating system sebagai jembatan antara user dan komputer. namun bedanya, OS ini tidak berjalan dikomputer user, melainkan pada pihak ke-3 seperti dikutip dari admiwex beberapa OS yang sudah mengadaptasi hal ini antara lain,

cloud computing terdiri dari beberapa layer atau lapisan, layer-layer itu antara lain,

  • client, yaitu komputer fisik (software dan hardware) yang bergantung pada service dari cloud computing. apabila tidak terkoneksi internet, maka client tidak dapat berbuat apa-apa.
  • application, software service atau Software as Service (SaaS) yang mengirimkan atau menyedikan software via internet.
  • platform, platform service atau Platform as Services (PaaS) yang menyediakan cloud infrastruktur atau infrastruktur maya yang mendukung cloud application.
  • infrastructure, infrastructure service atau Infrastructure as Services (IaaS) merupakan virtualisasi dari platform service. disinilah user tidak perlu membeli hardware, melainkan menggunakan layer ini pada cloud computing.
  • server, komputer fisik yang menjalankan segala kebutuhan client.

secara keseluruhan,

cloud computing adalah sebuah komputasi data yang dijalankan secara realtime menggunakan internet sebagai medianya, dan memudahkan untuk mengakses komputer virtual dimana saja dan kapan saja dengan platform apapun asalkan sudah mendukung untuk melakukan koneksi internet.

Posted in: sekedar sharing