Kelola Sendiri Cloud Computing mu

Posted on November 8, 2010

2



nah sekarang Farin akan membahas, gimana caranya user bisa bikin OS berbasis komputasi awan sendiri. ya sendiri, tapi tidak menutup kemungkinan untuk orang mendaftar di OS yang kita host atau kita jalankan. ini hanya simulasi, dalam artian kita menggunakan komputer sendiri atau localserver untuk menjalankan OS ini.

disini Farin menggunakan OS Lucid desktop dan menjalankan di local server menggunakan XAMPP .  lucid desktop bisa didownload disana, dan XAMPP bisa didownload disana.

setelah semua didownload, install XAMPP. setelah install XAMPP extract lucid-1.0.1OS.zip rename folder menjadi lucid, atau apapun namun dengan catatan merubah URL localhost nantinya. lalu cut atau copy hasil extract tersebut ke folder C:\xampp\htdocs jadi susunan file seperti gambar berikut,

catatan,

susunan folder C:\xampp\htdocs\lucid adalah setting default dari apache xampp yang mengharuskan menaruh file server side difolder itu, jika ingin merubah path folder default silahkan merubah file httpd.conf

setelah folder tersusun dengan benar, apache dan mySQL sudah running (untuk menjalankan apache dan mySQL start > xampp >  xampp control panel. lalu  pada bagian kanan klik start untuk apache dan mySQL seperti gambar)

langkah selanjutnya adalah membuat database untuk lucid desktop. XAMPP sudah menyediakan phpMyAdmin untuk hal ini, maka yang perlu kita lakukan adalah mengetikkan URL berikut pada browser http://localhost/phpmyadmin/ lalu buatlah database dengan cara mengklik databases di halaman utama lalu cari form create new database masukkan nama database lalu klik create. jika langkah benar maka akan seperti gambar dibawah ini,

jika ada pesan “Database lucid has been created.” maka database sudah selesai. *lucid adalah nama database yang farin kasih.* satu hal lagi kita harus membuat user database sendiri, caranya ketikan lagi http://localhost/phpmyadmin pada browser, klik privileges, klik add a new user, isikan nama user, host (isikan localhost), dan password, lalu pada bagian global privileges, pilih/klik check all, terakhir klik go. jika ada pesan “You have added a new user” maka proses dapat dilanjutkan. karena bedasarkan konfigurasi awal, phpMyadmin menggunakan root yang tidak dipassword, jadi apabila kita install menggunakan user root, lucid desktop tidak mau diinstal.. (ngambek kayanya).

setelah database sudah kita buat dan atur, langkah selanjutnya adalah mengetikkan URL berikut pada browser kesayangan Anda, http://localhost/lucid/install apabila nama folder Anda tes maka URL menjadi http://localhost/tes/install dan seterusnya).

jika proses Anda benar maka akan keluar tampilan seperti berikut,

klik tombol panah dibagian kanan bawah, pilih I want to do clean installation. lalu klik lagi tombol panah dibagian kanan bawah, tunggu sampai semua menampilkan pesan ok. klik lagi, maka akan tampil form configurasi seperti dibawah ini, isikan sesuai dengan konfigurasi awal.

  • database backend : mySQL
  • database host : localhost
  • database name : lucid (atau apa saja sesuai dengan proses diatas).
  • database prefix : _lucid (atau apa saja).
  • username : farindiya (atau apa saja sesuai dengan proses diatas).
  • password : (password user).

seperti gambar dibawah ini,

jika sudah diisi dengan jelas, maka klik tanda panah dibagian bawah lagi, kita dibawa kebagian admin setup.

masukan username admin, password untuk admin email. jika kita ingin orang lain bisa mendaftar di OS kita, maka pilih “Allow public registration” yes, atau sebaliknya pilih yang no. untuk “Throttle crosstalk requests under high server load” biarkan tetap no. klik lagi tanda panah dibagian bawah, klik lagi sampai proses instalasi berjalan dan success seperti gambar dibawah ini,

setelah sukses, yang harus kita lakukan adalah merename atau delete folder install di c:\xampp\htdocs\lucid\\. hal ini untuk mencegah user yang lain meniban atau merubah file konfigurasi yang telah kita tentukan. namun karena kita mengistall di komputer sendiri langkah ini bisa kita lewati. tapi jika kita menginstall pada hosting atau virtual server atau dedicated server, langkah ini wajib dilakukan.

setelah langkah diatas dilakukan maka ketikan URL http://localhost/lucid dan akan didapat tampilan seperti berikut,

login dengan nama admin dan password sesuai dengan langkah diatas.

yap, jika kamu berhasil menginstall dan tidak error berarti kamu siap menghosting OS atau desktop-web-base kamu sendiri. cara install sama, kamu hanya perlu mengkonfigurasi database saja. tinggal cari hostingan gratis atau berbayar, dan kamu bisa menggunakan “OS” kamu dimanapun. dan jika kamu kreatif, file-file php ini bisa kamu edit sedemikian rupa sesuai keinginan, dan menambahkan aplikasi-aplikasi lain selain aplikasi bawaan dari lucid desktop.

lucid ini standart, jika ingin menggunakan yang lebih bagus, bisa menggunakan eyeOS.

farin akui disini masih banyak bug, tapi tidak terlalu signifikan, jadi masi layak digunakan.

berikut adalah preview dari aplikasi-aplikasi standar pada lucid desktop ini.

Lucid Desktop

Lucid Image Viewer

Lucid Media Player

Lucid Word Processor

Lucid Browser

yak, itu aplikasi-aplikasi standart dari lucid desktop ini.

sekian dari Farin.

Posted in: sekedar sharing