Perkuat Pertahanan KomputerMu

Posted on November 15, 2010

0



um, seiring banyaknya orang yang terhubung ke komputer, dan rate umur pengguna komputer makin berkurang di Indonesia (umur 5 tahun udah maen komputer, Farin aje megang komputer SMP ntu jg masi DOS dulu🙂 ).

sekarang Farin pengen sedikit berbagi soal memperketat pertahanan komputer, supaya minimal bisa mencegah dari hal-hal yang tidak dan belum diinginkan.

standar sih, install anti virus, anti malware, dll..

tapi di sini ada opsi lain, kadang anti virus aja ga cukup.

berikut adalah sopware-sopware yang biasa farin pake buat bertahan (caelah).

  1. anti pirus gratisan
  2. system explorer buat ngliat sistem atawa aplikasi yang berjalan.
  3. shadow defender (buat ngetes software bajakan).
  4. sanboxie (buat ngetes software bajakan juga, ngecek ada file2 mencurigakan ga di situ yang dibikin sama yg upload).
  5. key scrambler (buat ngacak keystroke atau ketikan, jadi program keylogger cuma dapat hasil ketikan yang udah di enkripsi).

biar ga mentok sama license and jadinya maen belakang.. (nambah2 dosa) beberapanya antara lain,

satu lagi, sebagai bekap, clamwin. kenapa jadi backup? karena anti virus ini, ga memberikan perlindungan realtime seperti anvir2 diatas. tapi anti virus ini lumayan bagus, karena bersifat open source, pengembangan dari clamav yang berbasis linux.

untuk process manager atau system explorer bisa pake Process Hacker. bagus, gratis, dan open source. basisnya c.net. bisa liat process yang hidden juga.

kalo untuk shadow defender bisa didownload bajakannya di sana. tapi kalo gengsi pake bajakan, bisa beli di sana.

tentang sandboxie bisa baca di sini.

kalo key scrambler bisa didonlod yang bajakannya di sana. tapi kalo gengsi pake bajakan, bisa beli di sana.

ok, sekian kiranya dari Farin.

mau berangkat kul, jadi mostingnya di sunat-sunat singkat- singkat.

kalo ada yang mau share tools apa aja yang biasa dipake, silahkan?

Posted in: sekedar sharing