Mengenal AutoIt (komputer bisa ngetik sendiri loh…)

Posted on September 16, 2010

3



sebelumnya Farin mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin ^^

langsung aja ya..-

awalnya aplikasi (atau lebih tepatnya bahasa program) dibuat oleh Bapak Jonathan Bennet pada tahun 1998 yang saat itu sedang dalam proyek automated windows NT4 di sebuah perusahaan di Inggris (UK). Ia berfikir bahwa Scripit yang ada (pada waktu itu) bagus tapi tidak dapat diandalkan, karena kecepatan eksekusi dan tidak adanya kontrol key untuk menunda antara ketikan otomatis pada keyboard. masalah lainnya adalah tidak adanya kunci yang menetukan direktori aktif ketika file dieksekusi. Lalu pada Natal ditahun yang sama Jon mencoba membuat bahasa yang menggunakan C dalam pengembanganya. dan jadilah Autoit ini.

beberapa fitur dari Autoit ini adalah :

  • mudah dipelajari karena sintaksnya yang menyerupai BASIC
  • dapat mensimulasi ketikan dan pergerakan mouse.
  • dapat memanipulasi windows (jendela kerja) dan proses.
  • dapat berinteraksi dengan semua standart kontrol windows (seperti WIN + R, WIN + D, dll)
  • skrip yang telah jadi dapat dikompile menjadi file executable yang berdiri sendiri (standalone)
  • dapat digunakan untuk menghasilkan GUI
  • support COM
  • dapat memanggil fungsi dari DLL dan WINDOWS API secara langsung.
  • dapat bekerja pada windows jenis apapun.
  • bekerja pada UAC vista.

OK, segitu aja perkenalannya dengan AUTOIT, farin akan sedikit membahas bagaimana penggunaannya. autoit bisa didownload disini.

dan bagi penggila source code, source code autoit bisa didownload disini dikembangkan dengan visual C 6 dan 7 tapi bisa pake MinGW juga.

ketika mendownload autoit, dan menginstallnya, maka paket dari installasi itu sudah berisi compiller, editor, dan fungsi untuk membuat skrip menjadi standalone application (menggunakan UPX executable packer).

Farin membuat satu aplikasi kecil-kecilan waktu ada luwang lebaran kemarin. Awalnya Farin belajar ini untuk membuat autorun-auto-maker, biar flashdisk Farin ada icon yang lucu-lucu.. :p karena kadang capek bikin secara manual, suka diapus (ga diapus si, tapi diganti) sama antivirus smadav kalo USB flash drive farin dicolok ke komputer temen. atau malah kadang dihapus sama virus yang ada dikomputer orang.

penjelasan program :

  • program mendetek apakah ada file autorun.inf sebelumnya.
  • program membuka file autorun.inf untuk melihat isinya.
  • program mencoba menghapus file/merenamenya.
  • program membuka windows untuk menentukan icon yang digunakan.
  • program membuat autorun.inf secara otomatis.

yah kelar total sekitar 3jam-an lah selama 2 hari. um, ini tampilan dari editor autoit,

source dan aplikasi silahkan didownload di sini. oh iya, icon extraktor bisa didownload juga disini, aplikasi ini untuk mengekstrak icon dari file dll, exe ataupun file lain yang ada iconnya.

masih ada bugnya sih, tapi ya lumayan lah.. :p

nah ini screen shot waktu aplikasi jalan..

gambar diatas adalah yang dilakukan oleh aplikasi yang Farin bikin.

Farin ga jelasin banyak tentang Autoit ini, karena di file help-nya sendiri dah secara panjang lebar dijelasin. sampai ada tutorialnya.

Fungsi dari autoit ini banyak banget, bisa membuat aplikasi supaya menginstall sebuah aplikasi secara otomatis, membaca file secara otomatis, dan banyak lagi. memang tujuan awalnya membuat supaya windows bekerja secara otomatis, jadi user tidak perlu mengetik ataupun menggerakan mouse secara manual.

bisa buat ngerjain temen yang belum tau juga nih… karena bisa bikin word, notepad, bisa kebuka sendiri dan mengetik sendiri seakan-akan ada hantunya.. hihihihihi….

yah, sekiranya itulah yang farin kerjain pas lebaran kemaren waktu lagi senggang. itung2 THR.. :p sekian dari Farin, semoga bermanfaat.

maaf banget ga bisa ngasi screen shot, lagi lemot ampun-ampunan. kapan-kapan Farin update deh..

Posted in: Programming